Sabtu, 22 Desember 2012

pengertian komunikasi. komunikasi internal dan jaringan komunikasi


Pengertian Komunikasi , komunikasi internal dan jaringan komunikasi
Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kantor atau organisasi. Komunikasi ini bisa terjadi antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan, dan atasan dengan atasan. Tugas akhir ini mengemukakan teori tentang pengertian komunikasi internal, ruang lingkup komunikasi, penerapan komunikasi dalam lingkungan kantor, dan hambatanhambatan yang dihadapi dalam berkomunikasi. Dalam penelitian ini ada beberapa faktor yang menyebabkan komunikasi menjadi efektif yaitu: kepercayaan, perhubungan/pertalian, kepuasan, kejelasan, kesinambungan dan konsistensi, kemampuan pihak penerima berita, dan saluran penerima berita.
Kesuksesan suatu perusahaan dilihat dari peningkatan produktivitas kerja karyawan di perusahaan tersebut. Produktivitas merupakan jumlah hasil yang dihasilkan setiap pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Peningkatan produktivitas dipengaruhi dari cara kerja karyawan di penisahaan tersebut. Peningkatan produktivitas disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah: mempunyai tingkat kehadiran yang baik, selalu menyukai pekerjaan yang diberikan. Melakukan pekerjaan sesuai dengan bagiannya, memahami pekerjaannya dengan baik, dan lain-lain. Dari beberapa faktor diatas, maka diambil menjadi indikator dalam penelitian tugas akhir ini.
Pada Kantor Pos Asia Afrika pelaksanaan komunikasi didalam lingkungan kerja memiliki dampak terhadap produktivitas kerja karyawan. Ini sesuai dengan hasil dari penelitian yang diperoleh, dimana komunikasi internal dan produktivitas kerja karyawan memiliki hubungan yang sangat kuat. Hubungan tersebut diperoleh dari beberapa faktor yang menjadi indikasi kedua variabel tersebut. Adapun hubungan tersebut adalah: seorang karyawan memerlukan kepercayaan dari karyawan lainnya, adanya hubungan yang baik antara karyawan untuk meningkatkan kondisi kerja yang menyenangkan, kepuasan seseorang bekerja dilihat dari pekerjaan yang disukai karyawan diperusahaan tersebut, komunikasi yang dilakukan secara terus-menerus membuat karyawan di Kantor Pos Asia Afrika bisa memahami pekerjaanya dengan baik, dan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan perlu adanya saluran-saluran komunikasi yang baik. Adapun saluran-saluran komunikasi/media komunikasi yang digunakan adalah: surat, telepon, memo, dan papan pengumuman. Dengan adanya Media komunikasi, maka karyawan dapat dibantu dalam melakukan komunikasi yang efektif dan efisien.

Komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kantor atau organisasi. Komunikasi ini bisa terjadi antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan, dan atasan dengan atasan. Tugas akhir ini mengemukakan teori tentang pengertian komunikasi internal, ruang lingkup komunikasi, penerapan komunikasi dalam lingkungan kantor, dan hambatanhambatan yang dihadapi dalam berkomunikasi. Dalam penelitian ini ada beberapa faktor yang menyebabkan komunikasi menjadi efektif yaitu: kepercayaan, perhubungan/pertalian, kepuasan, kejelasan, kesinambungan dan konsistensi, kemampuan pihak penerima berita, dan saluran penerima berita.
Kesuksesan suatu perusahaan dilihat dari peningkatan produktivitas kerja karyawan di perusahaan tersebut. Produktivitas merupakan jumlah hasil yang dihasilkan setiap pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Peningkatan produktivitas dipengaruhi dari cara kerja karyawan di penisahaan tersebut. Peningkatan produktivitas disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah: mempunyai tingkat kehadiran yang baik, selalu menyukai pekerjaan yang diberikan. Melakukan pekerjaan sesuai dengan bagiannya, memahami pekerjaannya dengan baik, dan lain-lain. Dari beberapa faktor diatas, maka diambil menjadi indikator dalam penelitian tugas akhir ini.
Pada Kantor Pos Asia Afrika pelaksanaan komunikasi didalam lingkungan kerja memiliki dampak terhadap produktivitas kerja karyawan. Ini sesuai dengan hasil dari penelitian yang diperoleh, dimana komunikasi internal dan produktivitas kerja karyawan memiliki hubungan yang sangat kuat. Hubungan tersebut diperoleh dari beberapa faktor yang menjadi indikasi kedua variabel tersebut. Adapun hubungan tersebut adalah: seorang karyawan memerlukan kepercayaan dari karyawan lainnya, adanya hubungan yang baik antara karyawan untuk meningkatkan kondisi kerja yang menyenangkan, kepuasan seseorang bekerja dilihat dari pekerjaan yang disukai karyawan diperusahaan tersebut, komunikasi yang dilakukan secara terus-menerus membuat karyawan di Kantor Pos Asia Afrika bisa memahami pekerjaanya dengan baik, dan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan perlu adanya saluran-saluran komunikasi yang baik. Adapun saluran-saluran komunikasi/media komunikasi yang digunakan adalah: surat, telepon, memo, dan papan pengumuman. Dengan adanya Media komunikasi, maka karyawan dapat dibantu dalam melakukan komunikasi yang efektif dan efisien.

Jaringan Teknologi Komunikasi adalah serangkaian interkoneksi antara teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan yang namanya teknologi. Perkembangan teknologi yang signifikan menjadikan perubahan yang mulai merambah dalam tiap hal yang dijajaki dan diperdalami oleh teknologi. Perkembangan komputer, sistem data, dalam perangkat keras dan perangkat lunak, hingga ke perkembangan komunikasi. Dengan perkembangan demikian membuat manusia kembali beradaptasi dan menyesuaikan seiring dengan perkembangan tersebut.
Teknologi pun mewabah ke jaringan informasi yang ada, sehingga menjadikan perkembangan komunikasi yang mengalami perubahan dalam pemanfaatan teknologi. Tanpa disadari perkembangan jaringan yang ada semakin maju dan dirasakan mengalami perkembangan yang pesat. Dalam perkembangan teknologi Indonesia, perkembangan teknologi dalam jaringan kian pesat dan sudah mulai terkenal hingga melekat di hati pengguna. Semakin banyak yang harus dipahami, semakin banyak yang harus diketahui dan banyak yang mengalami perubahan.
Perkembangan teknologi dalam jaringan sudah dijajaki oleh para produsen ternama, bahkan sudah mengembangkan hingga memiliki jaringan tersendiri. Dengan hal seperti ini, membuat persaingan di dunia komunikasi dan teknologi semakin menarik. Tidak hanya itu, jaringan yang ada bahkan sudah bayak diakses dan mulai dikenal orang banyak tanpa dengan adanya publikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar